Inilah 4 Museum Keren di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Museum Keren Indonesia - Museum secara umum bisa diartikan sebagai suatu tempat untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah yang berfungsi sebagai tempat untuk melestarikan memori, objek, ataupun sebagai pengingat peristiwa- peristiwa penting yang terjadi di belahan bumi.

Nah, museum sekarang ini tidak lagi menjadi tempat yang membosankan. Buktinya, banyak museum keren di dunia hingga Nusantara yang dijadikan sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan. Berikut merupakan 3 museum keren Nusantara yang wajib kalian kunjungi.

Inilah 4 Museum Keren di Indonesia

Museum Angkut

Museum Angkut merupakan salah satu objek wisata yang harus anda kunjungi bersama teman atau keluarga saat berlibur ke kota Batu, Jawa Timur. Museum ini menyediakan atraksi wisata yang menggabungkan antara sejarah dan hiburan yang menarik.

Sama seperti namanya, museum angkut berisikan kendaraan-kendaraan zaman dahulu dari berbagai tempat dan negara. Kita juga akan dimanjakan dengan landmark atau bangunan khas suatu negara yang dijadikan sebagai latar belakang kendaraan tersebut berasal, sehingga kita seakan-akan berada di luar negeri. Jika kalian punya hoby fotografi, maka sangat disayangkan sekali kalau kita tidak mengunjugi museum angkut untuk menambah koleksi foto. Museum angkut ini juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk menggelar berbagai jenis pameran, pembuatan video klip, foto prewedding dan lain-lain.
Berbagai zona yang ada di Museum Angkut / IG : Museumangkut

Museum angkut terdiri dari berbagai zona yang disesuaikan dengan tema kendaraan. Masing-masing zona akan memberikan kesan yang berbeda bagi para pengunjungnya. Zona-zona yang ada di museum angkut adalah zona hall utama, edukasi, Sunda kelapa dan Batavia, Gangter Town & Broadway Street, Jepang, Eropa, Isatana Buckingham, Las Vegas dan Hollywood.

Keluar dari museum Angkut, kita juga bisa mengunjungi pasar apung yang menyediaan nuansa pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung. Kita juga bisa menaiki perahu berkeliling pasar yang didayung secara manual oleh petugas yang berdandan seperti para nelayan tradisional. Di pasar ini juga bisa membeli berbagai macam macam souvenir,  merchandise dan oleh-oleh khas Nusantara  UKM Batu.

D'Topeng Kingdom



D’topeng Kingdom atau yang biasanya dikenal dengan Indonesian Heritage Art Museum, terletak di jalan terusan Sutan Agung Kota Batu, Malang, Jawa Timur, yang lokasinya masih berada dalam satu kompleks museum Angkut. D’Topeng Kingdom menyajikan berbagai artefak dari zaman pra sejarah hingga Majapahit.

Selain mengajak para pengunjung untuk menikmati benda-benda terkait sejarah budaya, D’Topeng Kingdom juga bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran kebudayaan bangsa kita zaman terdahulu. Museum ini juga menyajikan berbagai rekam jejak peninggalan agama Hindu, Budha, hingga Islam.
berbagai pose pengunjung di D'Topeng Kingdom
Sama seperti namanya, D’Topeng Kingdom memiliki ratusan koleksi topeng dan pusaka dari berbagai daerah di Nusantara, seperti Jawa Timur, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Papua dan masih banyak lagi. Salah satu topeng yang paling menarik adalah topeng asal Jawa Tengah yang menggambarkan figur dari tokoh pendeta dari Tionghoa. Topeng tersebut ditemukan di sekitar candi borobudur.

Terdapat juga koleksi yang cukup langkah berupa kursi kerajaan Singharaja, Bali. Adapula patung batu Yene dari pulau Leti di Nusa Tenggara Timur, patung kesuburan dari Lombok dan masih banyak lainnya. Jika kalian cinta budaya maka, jangan lupa untuk mengunjungi D’Topeng Kingdom ini.


Indonesian Islamic Art Museum
Zona 1 dan 2 Indonesian Islamic Art Museum/  IG : Indonesianislamicart
Indonesian Islamic Art Museum adalah museum islam pertama dan terbesar di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan jejak-jejak peninggalan Islam di Indonesia, museum ini juga menghadirkan bukti-bukti kejayaan kerajaan Islam dunia.

Zona 3 Indonesian Islamic Art Museum 
Indonesian Islamic Art Museum terdiri dari tiga zona. Zona pertama adalah ruang audio visual yang menyajikan film “The Glorious of Islam.” Film ini menggambarkan bagaimana perkembangan Islam dari sebelum Nabi Muhammad dilahirkan sampai Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk ke Indonesia. Zona kedua berisi Galery Seni Islam dari kerajaan Ottoman Turkey, Mughal India, Dinasti China (Tang, Song, Yuan dan Qing) hingga kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, seperti Samudra Pasai, Mataram Islam dan masih banyak lagi.

Zona ketiga adalah Diorama atau photo spot area. Di zona ini terdapat beberapa miniatur tiga dimensi, seperti masjid dan kapal Cheng-Ho, toko klontong, masjid agung banten, toko persia dan disertai dengan pemandangan pantai serta suara-suara yang membuat pengunjungnya seakan-akan berada dalam sebuah situasi yang nyata. Maka dari itu, sangat disayangkan jika kita tidak berkunjung dan berfoto di zona Diorama Indonesian Islamic Art Museum ini.
Aplikasi Augmented Reality Indonesian Islamic Art Museum / IG : Indonesianislamicart

Indonesian Islamic Art Museum adalah museum pertama di Indonesia yang sudah berbasis Teknologi Informasi modern (Augmented Reality). Kita bisa mendownload aplikasi AR Indonesian Islamic Art Museum di Playstore, kemudian kita bisa menscan gambar-gambar yang ada di museum dan nantinya gambar-gambar tersebut akan menjadi tiga dimensi. Dan menariknya, kita bisa berfoto dengan gambar tiga dimensi tersebut.

The Bagong Adventure Museum Tubuh


The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan museum tubuh pertama di Indonesia dan terbesar di Asia. Museum Tubuh berdiri di atas lahan 1 hektar dan dibangun menyerupai karakter bagong. Bagong adalah salah satu karekter pewayangan, empat sekawan (Punokawan) yang terdiri dari  Semar, Petrok, Gareng serta Bagong. Dalam karakter pewayangan Jawa, Bagong ini digambarkan memiliki karakter yang paling menonjol dibandingkan dengan yang lain. Ia sangat pintar, cerdik dan juga lucu.

Museum berbentuk bagong ini terdiri dari 6 lantai yang terdiri dari 17 zona pembelajaran yang meliputi zona otak, mulut, gigi telinga, hidung, mata, paru-paru, jantung, hati, usus besar, usus halus, lambung, pembuluh darah, tulang dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan tubuh manusia. Untuk mendukung zona-zona yang ada, Museum Tubuh ini dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang modern.
Museum tubuh
Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan check up secara gratis dengan tenaga medis yang ada di ruang pemeriksaan museum tubuh. Pemeriksaan gratis ini meliputi pemeriksaan mata, cek lemak tubuh, cek ostoporosis, cek kolestrol, cek asam urat dan cek gula darah.                               

Related Posts:

0 Response to "Inilah 4 Museum Keren di Indonesia yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar