Indonesian Islamic Art Museum, Museum Islam Modern Terkeren di Indonesia

Indonesian Islamic Art Museum - Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, Indonesia mempunyai museum Islam yang menjadi destinasi untuk mengenal perkembangan Islam di dunia. Museum tersebut memiliki ribuan artefak yang berkaitan dengan Islam dari sejumlah tempat di dunia. 
Augmented Reality Indonesian Islamic Art Museum
Indonesian Islamic Art Museum dibuka pada 28 Desember 2016 dan menjadi satu-satunya Museum di Indonesia yang sudah berbasis teknologi informasi modern Augmented Reality (AR). Dengan mendownload aplikasi AR Indonesian Islamic Art di Playstore, kita bisa menscan gambar-gambar yang ada di museum dan nantinya gambar tersebut akan tampil dalam bentuk tiga dimensi.
Galery Indonesia di Indonesian Islamic Art Museum
Kelebihan lain dari Indonesian Islamic Art Museum adalah memiliki koleksi benda-benda bersejarah dari berbagai penjuru dunia yang dibagi ke dalam 7 galeri utama, yaitu galeri peninggalan kerajaan Ottoman Turki, Mughal India, Dinasti China, Samudra Pasai Sumatera, Aceh, Mataram Islam dan rekam jejak Walisongo. Beberapa koleksinya yang paling terkenal adalah koleksi pedang dalam dunia Islam, baju jira atau pakaian perang, keramik, Al-Qur’an bertinta emas hingga koin dari peradaban Islam. 
Galery Mughal India dan China di Indonesian Islamic Art Museum
Berlokasi di Wisata Bahari Lamongan, Jl. Raya Paciran (Ex Tanjung Kodok), Indonesian Islamic Art Museum tampak megah dengan tata letak display dan lighting yang modern minimalis. Museum ini juga dilengkapi dengan musik khas Timur Tengah, yang dapat menambah kesejukan dan kemegahan Indonesian Islamic Art.
Audio visual room di Indonesian Islamic Art Museum
Kemudian terdapat juga Audio Visual Room yang digunakan sebagai tempat untuk menonton film sejarah peradaban Islam para pengunjung setiap harinya. Selain itu, tempat tersebut juga bisa digunakan sebagai seminar hingga keperluan lainnya seperti acara wisuda dan lainnya. Lalu ada juga zona Diorama yang di dalamnya terdapat berbagai miniatur tiga dimensi, seperti minatur masjid dan kapal Chengho, toko klontong, masjid agung banten, toko persia dan masih banyak lainnya.
Miniatur Masjid di zona Diorama Indonesian Islamic Art Museum
Jika kalian berkunjung ke Lamongan, jangan lupa untuk datang ke Indonesian Islamic Art Museum. Museum ini buka setiap hari dari 09:00 sampai 16:30 WIB. Tiket masuk Museum Islam ini adalah 20.000 ketika hari biasa (senin – kamis) dan 30.000 rupiah ketika weekend (Jum’at – minggu).

Related Posts:

0 Response to "Indonesian Islamic Art Museum, Museum Islam Modern Terkeren di Indonesia"

Posting Komentar