6 Tempat Wisata Paling Menarik di Lamongan

Wisata Menarik Lamongan - Berbicara tetang daerah Lamongan, mungkin kata yang pertama kali akan muncul dalam pikiran kita adalah Soto. Soto Lamongan memang terkenal akan kelezatannya sehingga banyak dijual di berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Selain terkenal akan wisata kulinernya, Lamongan juga memiliki potensi wisata alam atau buatan yang diminati oleh para wisatawan. Letak posisinya berada di utara, berbatasan dengan laut Jawa membuat kota ini memiliki banyak daerah pantai yang menawan.

Tidak hanya menawarkan keindahan pantainya, Lamongan juga memiliki berbagai wisata religi, karena di sinilah salah satu Wali Songo, Sunan Drajat dimakamkan. Hal ini menarik ribuan wisatawan untuk pergi ke Lamongan setiap tahunnya. Berikut merupakan beberapa wisata Lamongan yang paling menarik dan harus dikunjungi.

6 Wisata Paling Menarik di Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan
Wisata Bahari Lamongan atau yang biasanya disingkat dengan WBL merupakan salah satu tempat rekreasi unggulan Jawa Timur yang berlokasi di kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan. Wisata ini menghadirkan nuansa global dengan mempertahankan ciri khas lokal yang dipadukan dengan budaya dan alam. Ikon dari WBL adalah sebuah patung kepiting berukuran raksasa berwarna orange yang terletak di pintu masuknya.

Wisata Bahari Lamongan ini sangat cocok untuk anak muda yang suka dengan tantangan. Karena di dalamnya terdapat wahana yang dapat memacu adrenalin, seperti ATV, Gokart, Rumah Sakit Hantu, Rottary Coaster, Balok Apung, Crazy Wheel, Speed Flip, Motocross, Drop Zone, Crazy Car Coaster, Ranger, Jet Coaster, Bumper Car, Flaying Fox, Banana Boat, King Donut Boat, Sky Boat, Long Boat, Blue Eagle dan masih banyak yang lainnya.

Wahana Wisata Bahari Lamongan
Selain permainan manantang, adapula hiburan yang bisa kamu coba bersama keluarga atau orang terdekatmu, seperti 3D Art Trick, Sarang Bajak Laut, Istana Boneka, Rumah Kucing, Bioskop 3D, Goa Insectarium, Taman Berburu, Drop Zone, Planet Kaca, Playground Remaja, Panggung Gembira, Paus Dangdut, Texas City, Taman Satwa Kijang, Onta Tunggang, Galapagos dan masih banyak lagi. 

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari Lamongan :
  • Weekday (Senin   Kamis) : Rp. 70.000 
  • Weekend (Jumat – Minggu, Hari besar Nasional – Musim Libur WBL) : Rp. 100.000
Tiket Terusan :
  • Weekday : Rp. 101.000 ( WBL +  Mazola + Museum Islam)
  • Weekend : Rp. 145.000 ( WBL +  Mazola + Museum Islam)

Maharani Zoo dan Goa
Maharani Zoo dan Goa
Maharani Zoo dan Goa atau yang biasa kita sebut dengan Mazola merupakan objek wisata yang tidak bisa kita pisahkan dari Wisata Bahari Lamongan. Karena lokasi Mazola sendiri masih berada di kompleks WBL.

Mazola merupakan tempat wisata yang menyediakan berbagai fasilitas menarik yang dapat kita nikmati, seperti taman satwa / kebun binatang mini yang berisi beraneka macam hewan, lalu terdapat galery satwa yang menyajikan berbagai macam koleksi binatang langkah seperti orang utan, wallaby, jerapah, beruang madu, harimau putih  dan singa putih.
Goa Maharani
Lalu, di Mazola juga terdapat Goa Maharani yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan goa lain. Goa Maharani menyajikan keindahan stalakmit dan stalaktik yang memancarkan warna yang memukau. Ditambah lagi dengan tata cahaya lampu berwarna-warni yang membuat suasana di dalam goa tampak sangat mempesona. 

Harga Tiket Masuk Maharani Zoo dan Goa :

Weekday (Senin  –  Kamis) : Rp. 49.000
Weekend (Jumat – Minggu, Hari besar Nasional – Musim Libur WBL) : Rp. 70.000

Tiket Terusan :
Weekday : Rp. 101.000 ( WBL +  Mazola + Museum Islam)
Weekend : Rp. 145.000 ( WBL +  Mazola + Museum Islam)

Museum Islam (Indonesian Islamic Art Museum)
Ikon Indonesian Islamic Art Museum
Indonesian Islamic Art Museum merupakan wahana rekreasi edukasi yang akan mengajak kita berpetualang menyusuri sejarah Islam di Dunia dan Nusantara. Di museum ini, kita bisa menyaksikan bukti-bukti kejayaan kerajaan Islam Ottoman Turki, peninggalan-peninggalan kerajaan Mughal India (Taj Mahal) yang terkenal, serta memberikan gambaran rekam jejak panglima besar Muslim Laksamana Cheng-Ho yang Termasyhur.

Indonesian Islamic Art Museum ini memiliki tiga zona. Zona yang pertama adalah movie theater yang menyajikan film tentang sejarah peradaban Islam. Film tersebut akan memberikan gambaran-gambaran terhadap perkembangan islam di dunia hingga Indonesia. Zona kedua berisi galeri benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Islam dunia hingga nusantara.
Kegiatan para pengunjung di Indonesian Islamic Art Museum
Zona ketiga adalah Diorama yang di dalamnya terdapat miniatur tiga dimensi, seperti masjid dan kapal Cheng-Ho, toko klontong, masjid agung banten, toko persia yang disertai dengan pemandangan pantai serta suara-suara yang membuat pengunjungnya seakan-akan berada dalam sebuah situasi yang nyata. 
Augmented Reality
Indonesian Islamic Art Museum merupakan museum pertama di Indonesia yang berbasis Teknologi Informasi modern. Kita bisa mengakses aplikasi AR (Augmented Reality) Indonesian Islamic Art Museum di Playstore, kemudian kita akan dapat menscan gambar-gambar yang ada di museum dan nantinya gambar tersebut akan menjadi 3 dimensi.

Indonesian Islamic Art Museum berada di lokasi Wisata Bahari Lamongan, Jl. Raya Paciran (Ex Tanjung Kodok), Lamongan.

Harga Tiket Museum Islam (Indonesian Islamic Art Museum)
Weekday (Senin –  Kamis) : Rp. 20.000
Weekend (Jumat – Minggu, Hari besar Nasional – Musim Libur WBL) : Rp. 30.000

Tiket Terusan :
Weekday : Rp. 101.000 ( WBL +  Mazola + Museum Islam)
Weekend : Rp. 145.000 ( WBL +  Mazola + Museum Islam)


Wisata Religi Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat
Selain Wisata Bahari Lamongan, Mazola dan Museum Islam, ada lagi objek wisata religi yang berdekatan dengan ketiga wisata tersebut, yaitu makam Sunan Drajat yang terletak di Drajat, Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Sunan Drajat adalah salah satu walisongo yang menyebarkan agama islam di pulau Jawa.

Ribuan wisatawan dari penjuru daerah di Indonesia melakukan ziarah ke makam Sunan Drajat, untuk mendoakan sekaligus meneladani sikap serta perjuangan Sunan Drajat dalam menyebarkan agama Islam di Jawa Timur.

Makam Sunan Drajat ini berada di bukit yang dikelilingi pepohonan yang luas. Di area makan Sunan Drajat ini juga dibangun museum yang dapat diakses oleh masyarakat umum secara gratis. 

Monumen Kapal Van Der Wijck
Monumen kapal Van Der Wijck
Bagi pecinta Buya Hamka pasti tidak asing dengan Novel “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”. Novel tersebut ditulis berdasarkan kisah nyata tentang kapal Van Der Wijck yang berlayar dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, menuju Tanjung Priok, Jakarta dan tenggelam di pesisir utara Jawa, tepatnya di perairan Brondong pada 21 Oktober 1936.

Peristiwa itu kemudian diabadikan dalam sebuah monumen bersejarah bernama monumen Van Der Wijck yang dibangun pada tahun 1936 di Desa Brondong, Kabupaten Lamongan. Monumen ini dibuat oleh pemerintah Hindia- Belanda karena jasa para nelayan Brondong menyelamatkan awak kapal dan para penumpang.

Biaya masuk Monumen Kapal Van Der Wijck adalah 5 ribu pada hari biasa dan 6 ribu pada hari libur. 

Waduk Gondang
Waduk Gondang
Waduk Gondang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di desa Gondang Lor, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Waduk ini telah diresmikan oleh Presiden Soeharto dan memiliki luas 6,60 hektar dengan kedalaman sekitar 29 meter.

Selain sebagai sarana penampungan air bagi ribuan hektar sawah bagi warga Lamongan, Waduk Gondang juga menjadi tempat wisata air bagi keluarga atau wisatawan yang berkunjung. Waduk ini juga dilengkapi dengan sarana bermain untuk anak-anak, bumi perkemahan, kebun binatang mini dan perahu milik nelayan setempat yang siap mengantarkan para pengunjung menikmati luasnya wilayah Waduk Gondang dengan biaya 20 ribu rupiah.

Related Posts:

0 Response to "6 Tempat Wisata Paling Menarik di Lamongan"

Posting Komentar